Mempersembahkan Berbagai Wisata Khas Banten

dan Tokoh-Tokoh

Senin, 08 Desember 2014

Kabupaten Serang


Geografis Kabupaten Serang

Luas Wilayah dan Letak Topografis Daerah
  • Kabupaten Serang ini merupakan salah satu dari delapan kabupaten/kota di Propinsi Banten, letak kabupaten ini diujung barat bagian utara pulau jawa. 
  • Kalo luas wilayah Kabupaten Serang secara administratif tercatat 1.467,35 Km2 yang terbagi atas 28 (dua puluh delapan) wilayah kecamatan dan 320 desa 
  •   Secara Geografis wilayah Kabupaten Serang terletak pada koordinat 5°50’ sampai dengan 6°21’ Lintang Selatan dan 105°0’ sampai dengan  106°22’ Bujur Timur. Jarak terpanjang menurut garis lurus dari utara keselatan adalah sekitar 60 km dan jarak terpanjang dari Barat ke Timur adalah sekitar 90 km, sedangkan kedudukan secara administratif  berbatasan dengan :
  • Sebelah Utara dibatasi dengan Kota Serang dan Laut Jawa
  • Sebelah Timur dibatasi oleh Kabupaten Tangerang
  • Sebelah barat dibatasi oleh Kota Cilegon dan Selat Sunda
  • Sebelah Selatan dibatasi oleh Kabupaten Lebak dan Pandeglang.

Sejarah

Jadi, Kabupaten Serang ini, merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Banten. yang Ibukotanya adalah Ciruas..!! TAPI..!? saat ini pusat pemerintahanya masih berada di Kota Serang. 

Dahulu Kawasan ini merupakan tempat kapal-kapal COMPANY alias Belanda mendarat untuk pertama kalinya di Indonesia.

Di daerah ini juga terdapat 2 situs sejarah religius yang berdampingan, yaitu Masjid Agung dan Vihara Avalokitesvara. Sejarah Kabupaten Serang ini ngga terlepas dari sejarah Banten pada umumnya, karena Kabupaten Serang merupakan bagian dari wilayah Kesultanan Banten yang berdiri pada abad ke-16 dengan pusat pemerintahannya terletak di Serang (sekarang menjadi bagian wilayah Kota Serang).

Bupati Serang H.A Taufik Nuriman SH

Gallery Serang
Suasana Senja
Suasana Pagi



Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Serang
Sumber gambar : google.com

0 komentar:

Posting Komentar